Jumat, 23 Maret 2012

BAGAIMANA CARA CEPAT LANCAR BERBAHASA INGGRIS?

Pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh mereka yang baru belajar atau bahkan yang sudah bertahun-tahun menggeluti pelajaran bahasa inggris, tetapi hasilnya masih "nihil ".Mereka bingung terhadap kalimat yang harus diucapkan dengan tata bahasa yang benar tapi "ngejlimet" serta perasaan carut-marut karena tidak percaya diri dan rasa takut salah dalam membuat percakapan yang benar. Mereka seperti berada di negeri antah berantah yang tersesat dan tidak menemukan jalan keluar atau seperti orang yang bernafsu ingin membuka kotak brangkas tanpa kunci yang cocok dan pas untuk membukanya. Sehingga pada akhirnya mereka menyerah dan antipati terhadap bahasa Inggris sehingga munculah "mindset" yang buruk bahwa bahasa inggris itu susah dan menyusahkan. Benarkah begitu ?
jawabannya adalah TIDAAK!

Jadi bagaimanakah cara belajar bahasa inggris yang benar dan mumpuni sehingga cepat bisa lancar gituuuuh?
Jawabannya sangat gampang gan! asal kuat aja syaratnya, sanggup biayanya, dan jauh tempatnya.
Apa itu????

Juragan siapin aja tas yang besar, pasport dan biaya yang banyak untuk homestay di negeri pangeran Charles atau di negeri kanguru sana barang seminggu atau dua minggu. Dijamin bahasa Inggrisnya cas-cis cus. Gampangkan??? he..he.. hee

Kalau keberatan dengan cara yang pertama, coba deh cara yang kedua. Tapi tetep berat juga syaratnya!!!!

Syarat yang paling wajib adalah:

1. Juragan DILARANG malu untuk memulai percakapan dan berani malu untuk mencoba bin enggak 
    takut salah dalam membuat kalimat. Sanggup???
    Jangan khawatir, gan. Orang lain gak tahu kalo agan ngomongnya salah. Dan kalo sampe ada yang bilang 
    bahasa Inggris sampeyan salah, tanyakan pada dia apakah dia ngerti maksud juragan tadi ngomong apa?
    kalo dia ngerti, berarti bahasa Inggris juragan tidak salah. Kenapa??? karna tujuan orang berkomunikasi 
    adalah memahami maksud dari pembicara ke pendengar. yang lain bukan urusan... !!!! okeee?

2. Juragan WAJIB yakin dan percaya diri bahwa lawan bicara juragan akan memahami omongan juragan.  
    Gimana tidak ??? Wong kalo kita "ngobrol" sama orang bisu aja kita bisa ngerti kok mereka ngomong apa.
    Apalagi juragan yang tidak punya kekurangan. ( ehem.. ehem,, ). Ingat juragan, ketika proses komunikasi
    terjadi disitu tidak hanya bahasa verbal saja yang berlangsung tetapi ada pula bahasa tubuh alias gesture.
    Manfaatkan bahasa tubuh itu maka komunikasi dua arah akan tetap berlangsung .

3. LUPAKAN aturan tatabahasa / grammar ketika juragan berkomunikasi di lingkungan masyarakat ( diluar
    kelas). Percaya deh, semakin agan mengingat grammar sebelum bicara, semakin ngomong juragan ngawur.
    Kembalilah yakin, bahwa inti dari komunikasi adalah si pembicara dan si pendengar sama-sama mengerti.
    Aturan mah nomor dua. setuju????

4. GUNAKAN bahasa inggris sesering mungkin jika juragan sedang belajar di dalam kelas bersama guru.
    Gunakan pula aturan grammar secermat mungkin. Inilah saatnya anda mengoftimalkan komunikasi bertata
    bahasa yang benar. Dan rugi jika classroom service ini tidak dimanfaatkan.

5. BELAJARLAH dari yang ahli. Sang ahli tidak harus bule apalagi harus native speaker. Ingat banyak orang 
   mahir berbahasa indonesia tapi belum tentu bisa mengajarkan bahasa Indonesia dengan benar. Iya kannn?
   Belajar bahasa inggris dari guru lokal indonesia banyak pula untungnya. Mereka bisa mengajarkan bahasa
   Inggris dengan pendekatan  bahasa ibu yaitu bahasa Indonesia. Mereka akan lebih memahami Language  
   Acquisition-nya yaitu asal mula bahasa dihasilkan berdasarkan tatabahasa Indonesia yang benar sehingga
   hasilnya akan lebih baik jika diajarkan oleh native speaker.

6. Yang terakhir, BELAJARLAH BERSAMA SAYA ( jadi promosi dehh  he.. hee.. ) karena saya sudah 
   berpengalaman dalam mengajar bahasa Inggris selama 20 tahun ( kelamaan ya gann ?? ). Dari pengalaman
   itu terciptalah cara belajar bahasa Inggris tercepat. 5 x pertemuan saja Insya Allah dijamin lancar.


Trimakasihhhh
   



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar